Ciri Khas dan Cara Bertarung Ayam Birma

Ayam Birma

Ayam Birma merupakan salah satu dari sekian jenis adu ayam di seluruh dunia dan sangat populer di kalangan pecinta adu ayam. Ayam ini berasal dari negara tetangga Indonesia yaitu Negara Myanmar. Ayam ini juga terkenal dengan cara bertarungnya yang sangat ditakuti dan memiliki beberapa keunggulan saat pertarungan. Ayam jenis birma jauh lebih unggul dalam pertarungan di arena daripada ayam jenis lainnya seperti Ayam bangkok. Sesuai dengan panggilannya, ayam yang berasal dari Negara Myanmar. Negara ini juga banyak memiliki masyarakat yang hobi melakukan adu ayam seperti halnya Negara Indonesia. Ayam unggul dari negara ini sudah tersebar ke berbagai pelosok dunia, terutama pada kawasan Asean.

Beberapa Ciri Khas Dari Ayam Birma

Bagi Anda para pecinta ayam yang sudah lama melihat adu ayam diberbagai daerah. Saya memiliki keyakinan bahwa Anda sudah pernah melihat ciri-ciri khas dan bentuk dari ayam yang satu ini, entah itu di arena pertarungan ayam. Tetapi bila anda yang belum pernah melihat ayam birma ini, Anda bisa mengenalinya ayam bangkok birma ini memiliki ciri khas seperti dibawah ini :

  1. Memiliki ciri-ciri dengan bentuk atau ukurannya lebih kecil bila dibandingkan dengan ayam bangkok asli seperti ayam pakhoy dan saigon.
  2. Biasanya Ayam bangkok birma yang sudah dewasa memiliki berat antara 2,0 sampai 2,5kg.
  3. Memiliki tulang ayam yang berukuran kecil, ini merupakan salah satu dari kekurangan ayam jenis ini. Oleh sebab itu, bila ingin di adu dengan ayam jenis lainnya, silahkan Anda menunggu hingga usianya mencapai 12-15 bulan.
  4. Memiliki paruh yang sangat tajam dalam garis lurus dan memiliki mata yang melotot.
  5. Memiliki bentuk jengger seperti cabe rawit atau sepert tanduk ular.
  6. Memiliki bulu sayap yang tebal dan panjang.
  7. Memiliki sisik dibagian kaki nya yang kecil dan ciri ayam jenis ini memiliki pukulan yang akurat.

Cara Bertarung Ayam Birma

Walaupun ayam birma memiliki ciri fisik yang terlihat kecil, tetapi ayam ini terkenal dengan memiliki kelebihan daripada adu ayam jenis yang lainnya di dunia ini. Ayam jenis ini memiliki cara bertarung yang khas. Cara bertarungnya ini terkenal dengan istilah elit diplomatik, dikatakan demikian karena ayam jenis ini akan bertarung berhadap-hadapan. Ayam jenis ini juga memiliki kemampuan taktik yang cerdik untuk memukul lawannya. Kelebihan dari ayam jenis inilah yang membuat ayam ini memiliki harga yang fantastis mencapai jutaan rupiah. Beberapa cara bertarung ayam ini antara lain :

  1. Ayam jenis ini memiliki pergerakan yang lincah untuk menghindari serangan dari lawan dan akan mencari kesempatan untuk memukul.
  2. Bila pada saat pertarungan ayam jenis ini memiliki kesempatan memukul. Ayam jenis ini akan mempergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan memukul titik kelemahan lawannya.
  3. Serangannya yang sangat akurat ini sering membuat lawannya tumbang. Jangan terheran bila ayam jenis ini yang memiliki tubuh kecil dapat mengalahkan ayam yang berukuran besar. Karena serangan taji ayam birma dapat menyasar hingga syaraf ayam berukuran besar terputus.
  4. Pada saat pertarungan Ayam bangkok birma akan membuat lawannya kewalahan dan capek dengan gerakan lincahnya. Dan mencari kesempatan untuk menyerang lawannya.

Inilah beberapa cara bertarung dan keunggulan jenis ayam bangkok Birma. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih ayam terbaik untuk Anda bertaruh nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *